Jl Pos No 2 Jakarta Pusat (021)3840915 admin@sma.santaursulajakarta.sch.id Senin - Jumat : 07.00 WIB - 14.00 WIB Sabtu : 07.00 WIB - 11.30 WIB

Mengawali Dengan Yang Penting

1.       Misa Awal Tahun Pembelajaran

 

SMA Santa Ursula Jakarta mengawali pembelajaran tahun 2021/2022 dengan Misa Kampus (12 Juli 2021). Misa kampus dengan tema  “Thálassa” yang diambil dari  bahasa Yunani yang berarti laut. Laut merupakan sebuah perairan asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan. Laut juga merupakan suatu ekosistem, yang pastinya memiliki banyak spesies makhluk hidup yang berbeda di dalamnya. Makhluk hidup tersebut hidup berdampingan dalam satu ekosistem yang sama, beradaptasi dengan satu sama lain dan juga dengan lingkungan mereka. Ekosistem laut tersebut diibaratkan Komunitas Sekolah Santa Ursula. Setiap anggota, setiap unit hidup berdampingan membentuk keluarga Sekolah Santa Ursula, yang sejalan core values sekolah yaitu Persatuan. Melalui inspirasi bacaan Injil yang dijebarkan Romo RP. B. Ch. Triyudo P., SJ, anggota komunitas diajak untuk berani melakukan yang terbaik, membuka diri terhadap orang lain, berani membuat terobosan baru seperti Petrus yang berani menebarkan jalanya meski semalam-malaman tidak mendapatkan ikan, semata karena mengikuti perintah Yesus. Semangat inilah yang mau dikobarkan dalam memasuki tahun pelajaran baru.

2.       MPLS Plus

Kelas X memasuki kehidupan mereka di SMA Santa Ursula dengan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan ini seperti juga dilakukan di semua sekolah dilaksanakan dengan memberikan informasi terkait kegiatan pembelajaran, kegiatan siswa, juga dinamika kehidupan sekolah dengan tujuan supaya siswa baru cepat beradaptasi dengan sekolah baru mereka. Yang menjadi berbeda dengan sekolah lain di SMA St Ursula, MPLS dilanjutkan dengan kegiatan SAGU (Sanur Award and Guidance). Seksi Sosial OSIS merekrut dan menyeleksi siswa kelas XI dan XII secara ketat yang berminat menjadi fasilitator kelas X. Tugas fasilitator adalah sebagai pembimbing yang meliputi tutor pelajaran, sharing pengalaman, serta pengenalan lebih dalam mengenai lingkungan dan kehidupan di sekolah. Para relawan bertanggung jawab untuk menciptakan suasana yang nyaman dan adaptif bagi para siswa SMA Santa Ursula Jakarta kelas X. Kegiatan ini berlangsung selama  satu bulan dan dilakukan evaluasi setiap Sabtu, Bersama pembina OSIS. Kegiatan ini juga untuk memperkuat core values menumbuhkan rasa cinta dan belas kasih antar siswa serta mengembangkan semangat pelayanan.

3.       Personal Branding

Untuk kelas XI sekolah memberikan pembekalan seminar Personal Branding. Melalui seminar ini para siswa diajak untuk membangun pribadi yang baik dan berkualitas, pribadi yang memiliki karakter kuat sekaligus mampu menampilkan citra diri yang positif. Pribadi yang mampu mengembangkan keahlian, prestasi, sekaligus kepribadian. Hal itu penting untuk dikembangkan menjadi sebuah kekuatan diri dalam memasuki era global. Nara sumber dari NIEC Indonesia Wahyu Triana mampu membagikan pengalamannya yang luar biasa kepada para siswa sehingga terjadi diskusi dan interaksi yang konstruktif.

4.       Character Strength

Untuk kelas XII sekolah memberikan penguatan pelatihan karakter melalui pelatihan Utilize Character Strength bersama tim Aetra Learning Centre. Pelatihan Character Strength pernah diberikan di kelas X. Di kelas XII ini diberikan penguatan sehingga diharapkan dapat membantu siswi dalam memahami dirinya dengan kekuatan karakternya. Pemahaman terhadap kekuatan karakter diri ini akan sangat membantu dalam menentukan keputusan dan dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Secara khusus diharapkan juga dapat membantu kelas XII dalam nenetukan jurusan dan pilihan perguruan tinggi yang akan mereka pilih selepas dari SMA St Ursula.

 

Sumardi