SMP SANTA URSULA JAKARTA
previous arrow
next arrow
Slider

Praktikum IPA

Praktikum “Online” IPA selama Pembelajaran Jarak Jauh

 

Kata “Praktikum” pasti tak lepas dari pembelajaran IPA, karena hakikatnya memang perlu kerja praktik untuk membuktikan kebenaran dari sebuah teori, termasuk pada pembelajaran IPA. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi hal tersebut, guru IPA SMP Santa Ursula Jakarta tetap melaksanakan kegiatan praktikum secara virtual yang sederhana dengan pemanfaatan teknologi. Siswi-siswi kelas 7 dan 8 SMP Santa Ursula Jakarta dalam melaksanakan praktikum “online” secara mandiri maupun kelompok (diskusi dan kolaborasi secara virtual) di rumah masing-masing. Mereka tampak semangat dan antusias untuk melakukan praktikum secara online karena bagi mereka merupakan sesuatu yang baru.

Siswi-siswi kelas 7 terlebih dahulu melakukan praktikum “online” yang sangat sederhana tentang materi besaran dan satuan. Mereka semangat ketika diminta mengukur benda yang mereka punya dengan alat-alat ukur yang jelas dan pasti ada seperti penggaris dan tangan yang dimanfaatkan untuk satuan jengkal dan telapak. Dilanjutkan diskusi dan kolaborasi secara virtual lewat googlesheet untuk memasukkan dan membandingkan data satu dengan yang lainnya perkelompok. Setelah itu, setiap kelompok membuat analisa serta kesimpulan dengan mengisi melalui google formulir.

 Siswi-siswi Kelas 8 tak mau ketinggalan, mereka juga melakukan simpel praktikum online dengan PHET Simulation untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap gerak suatu benda. Hal ini mereka lakukan secara mandiri. Para siswi diminta mencoba aplikasi kemudian mendata besaran-besaran yang ada jika beberapa variabel diubah misalnya gaya gesek maupun massa. Dari situ mereka dapat memprediksi apa pengaruhnya terhadap percepatan gerak benda. LKS dan juga beberapa pertanyaan juga sudah disiapkan untuk merangsang kemampuan berpikir siswi. Siswi-siswi juga diminta untuk melakukan “screenshoot”, bahkan ada beberapa siswi yang merekam layar saat proses percobaan. Tak dapat dipungkiri peran teknologi apalagi saat PJJ ini harus bisa dimanfaatkan untuk tercapainya pembelajaran dan para siswi bisa melakukan itu.

Semoga langkah ini menjadi salah satu alternatif ketercapaian pembelajaran saat massa pandemi ini. Mari memanfaatkan teknologi secara tepat guna agar pembelajaran maksimal.

Salam IPA is So Fun