Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710 (021) 384-0915 yaysatyabhakti@santaursulajakarta.sch.id

INTEGRASI WUJUD SERVIAM – SUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI NASIONAL

Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) merupakan wujud nyata integrasi Serviam dari ikatan alumni sekolah-sekolah yang dikelola oleh para suster Ursulin, diantaranya sekolah Santa Ursula, Santa Maria dan Santa Theresia. Meskipun berbeda karakter, tetapi dengan membawa nama Serviam menjadikan perbedaan menjadi satu kesatuan utuh untuk bangsa dan negara.

Makna Serviam itu sendiri yaitu ‘Saya Mengabdi’. Semboyan yang terdapat pada logo sekolah-sekolah ursulin ini tidak hanya mementingkan pembelajaran yang diterima pada masa sekolah tetapi juga pembentukan kepribadian luhur yang diterapkan bahkan setelah menjadi alumni.

Salah satu wujudnya adalah mengambil bagian dalam penanganan pandemik Covid-19, yaitu dibentuknya Sentra Vaksinasi Serviam. Pengabdian untuk negara dan masyarakat agar lepas dari pandemik yang berkepanjangan. Semangat Serviam tampak pada relawan dan petugas kesehatan yang mendaftarkan diri untuk mengambil bagian dalam sentra vaksinasi ini. Semangat untuk mengabdi dan melayani ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat yang datang ke sentra vaksin dengan memberikan layanan yang ramah, tertib, dan prosedur yang mudah.

Sentra Vaksinasi Serviam berlokasi di Sekolah Santa Ursula Jakarta. Berkat kerjasama para suster, para guru dan panitia, merombak lingkungan sekolah sebagai sentra vaksin; dari lapangan sekolah sebagai tempat pre-registrasi, ruang kelas sebagai ruang tunggu dan observasi, aula sebagai tempat screening dan vaksinasi dan penggunaan fasilitas sekolah demi menunjang lancarnya proses vaksinasi.

Proses vaksinasi dibantu oleh para relawan yang bertugas dalam melayani para lansia, pekerja publik dan disabilitas dari proses pendaftaran, screening, penyuntikan, observasi sampai dengan pencetakan kartu vaksinasi.

Kegiatan ini diapresiasi banyak pihak baik dari instansi pemerintah, para jurnalis dan para masyarakat yang datang melihat dan mengikuti sendiri proses vaksinasi.

“Sentra vaksinasi seperti Sentra Vaksinasi Serviam sangat diperlukan. Fasilitas pemerintah seperti RSU dan Puskemas tidak akan cukup untuk mencapai target 181 juta akseptor dalam setahun.” Ucap Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono Harbuwono saat meninjau Sentra Vaksinasi Serviam.

“Saya mengapresiasi upaya yang dilakukan para alumni sekolah yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.” Ucap Wakil Ketua MPR RI, Lestari Mordijat.

Sentra vaksinasi ini sudah mulai dari tanggal 20 Maret 2021, tepat pada hari Sabtu. Sentra Vaksinasi Serviam bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Sawah Besar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga bulan dengan target sasaran 30.000 orang. Kegiatan di Sentra Vaksinasi dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Sabtu dari pukul 08.00 sampai pada pukul 13.00 WIB.

Sekarang, dibuka pendaftaran bagi pra lansia yaitu potensi akseptor yang berusia di atas 50 tahun yang mempunyai KTP DKI Jakarta atau yang memiliki surat keterangan domisili DKI Jakarta dan program 2+1 yaitu program non lansia dengan membawa 2 lansia atau pra lansia ke Sentra Vaksinasi Serviam. Sentra Vaksinasi Serviam juga membuka pendaftaran bagi difabel yang berusia delapan belas tahun ke atas. Pendaftaran dan persyaratan dapat dilihat melalui website: www.vaksinasiserviam.com.

Lawan Covid-19 dengan ikut vaksin!!

SERVIAM!!!