Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710 (021) 384-0915 yaysatyabhakti@santaursulajakarta.sch.id

KARTINI - PASKAH : KEBANGKITAN

Pada tanggal 21 April 2021, tepatnya pada hari Kartini, Osis SMP Santa Ursula Jakarta merayakan Karpas (Kartini – Paskah) melalui virtual meeting. Meskipun diadakan melalui virtual, namun diikuti secara antusias oleh para murid dengan mengenakan pakaian adat.

“Meskipun sudah satu tahun tidak bertemu, namun ruang virtual menjadikan kita dekat; hanya beberapa centi di dalam laptop. Jadi, meskipun jauh, namun dekat di hati.” Ucap pak Bambang, Kepala Sekolah SMP Santa Ursula Jakarta, saat membuka sambutan.

Beliau juga menambahkan inti dari acara Karpas ini membuat para murid dan guru mampu bersinergi seperti makna peringatan hari Kartini dan hari Paskah, yaitu sama-sama bangkit.

“Paskah merayakan kebangkitan Tuhan, bangkit dari keterpurukan, cerdas dan kreatif menyikapi situasi, menjadi lebih dewasa dalam memutuskan suatu permasalahan yang kita hadapi,” ucap pak Bambang.

Kartini yang merupakan sosok pejuang perempuan dan pendidikan yang awalnya hanya mendukung pria kemudian tampil di depan untuk membuka jalur pendidikan untuk semua orang, terlebih-lebih perempuan.

“Berkat perjuangan Kartini, kita bisa sekolah dan setara dengan kaum pria,” ucap pak Bambang.

Acara Karpas ini dimeriahkan dengan acara lomba menghias telur dan lomba drama kelas tujuh dan kelas delapan. Drama-drama ditampilkan secara kreatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan mengikuti tren saat ini namun tidak kehilangan makna untuk menyampaikan pesan-pesan perjuangan dan kebangkitan.

Seperti yang disampaikan Ketus Osis SMP Santa Ursula Jakarta periode 2021, Christiebelle Joelle Wynne, “Walau pandemi belum berlalu, jangan jadikan itu sebagai penghambat bagi kita untuk menjadi kreatif menggali potensi dan juga bersukacita merayakan Paskah dan Kartini.”

Pak Bambang turut mengapresiasi para guru atas pendampingan dalam proses pembelajaran anak-anak hingga berproses dengan baik dan menyikapi hal-hal positif bagi perjuangan Kartini dan sekaligus dalam merayakan Paskah.

“Kita mampu bangkit untuk lebih berkembang, maju dan meraih mimpi-mimpi demi kebaikan dan cita-cita kelak,” ucap pak Bambang.

Jikalau penasaran dengan pertunjukan drama murid-murid SMP Santa Ursula Jakarta, dapat disaksikan di sosial media instagram @osissmpsanur.

SERVIAM!!!