Pembelajaran IPA

(1 Vote)

 

 

Pelajaran IPA

SMP Santa Ursula Jakarta

Tahun Ajaran 2020-2021

Jumat, 7 Agustus 2020, Hari itu tidak menyurutkan semangat para putri Sanur untuk tetap mengikuti proses pembelajaran. Di tengah masa pandemi covid-19 ini, semua sekolah melaksanakan pembelajaran secara daring. Begitu pula yang terjadi di SMP Santa Ursula Jakarta, semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Kegiatan ektrakurikuler pun juga dilaksanakan secara online.

Salah satu mata pelajaran yang menerapkan pembelajaran secara online ini adalah mata pelajaran IPA. Pelajaran IPA adalah pelajaran yang sangat dengan kegiatan/aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Pada materi kali ini putri Sanur diajak untuk memahami manfaat dan mengenal berbagai macam jenis tulang yang menyusun tubuh manusia. Materi “Sistem Gerak pada Makhluk Hidup” ini mencakup gerak yang terjadi pada tumbuhan, hewan dan juga manusia. Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar siswi dapat lebih mencintai lingkungan sekitar dan dirinya sendiri pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa.

Materi sistem gerak pada makhluk hidup dipelajari pada tingkatan kelas delapan. Siswi mempelajari gerak pada manusia, salah satunya adalah mengenal nama-nama tulang dalam bahasa latin. Siswi terlebih dahulu diajak menonton video nama-nama tulang dalam bahasa latin dari youtube. Langkah berikutnya siswi diajak untuk berlatih menghafalkan nama tulang dalam bahasa latin sambil menunjuk bagian dari tubuhnya yang dipandu oleh guru secara virtual. Putri Sanur sunngguh antusias untuk menghafalkan nama-nama tulang dalam bahasa latin terlihat dari semangat dan senyum yang nampak dari layar laptop ketika kelas berlangsung.

Penilaian adalah salah satu komponen yang tidak bisa terlepaskan dari proses belajar mengajar. Seperti halnya pembelajaran yang terjadi sebelum masa pandemi, penilaian terhadap sebuah materi tetap berlangsung hanya saja memanfaatkan beberapa aplikasi penilaian yang ada dan tentunya yang tidak menyulitkan siswi dalam proses pengoperasiannya. Kali ini siswi kelas delapan menghadapi kuis nama tulang dalam bahasa latin sebagai bentuk ketercapaian materi yang sudah disampaikan.

 

Salah satu hasil dari kuis yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi kuis online adalah dapat mengetahui analisis soal untuk mengembangkan pembelajaran kearah yang lebih baik lagi. Siswi akan dibimbing oleh guru untuk dapat mengevaluasi kesalahan saat proses pengerjaan soal berdasarkan hasil analisis dan dapat belajar lebih rajin lagi untuk memperbaiki hasil.

Di era pandemi seperti ini, baik guru maupun siswi dituntut lebih kreatif dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran tetap tercapai walaupun prosesnya secara online. Pemanfaatan media pembelajaran online memang sangat diperlukan untuk medukung proses pembelajaran siswi. Semoga kita semua bisa selalu bijak dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Tetap semangat belajar ya putri Santa Ursula.