Open House di SMP

UNIK! KEGIATAN OPEN HOUSE DI SMP SANTA URSULA JAKARTA DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL DARI RUMAH MASING-MASING

 

JAKARTA - Kegiatan Open House di SMP Santa Ursula Jakarta dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi google meet dari rumah masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 18 Juli 2020 pukul 09.00 s.d. 10.30 WIB. Siswi kelas 8 dan 9 yang bertugas sebagai pengurus mengaku senang karena mendapatkan pengalaman baru dalam mempromosikan ekstrakurikuler masing-masing kepada adik-adik kelas 7.

 Kegiatan Open House ini bertemakan “New Normal, New Sanurian”. Open House ini diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan berbagai macam kegiatan ekskur yang ada di SMP Santa Ursula Jakarta kepada siswi kelas 7 baru yang akan memulai tahun ajaran. Hal ini bertujuan juga agar mereka semakin yakin untuk memilih jenis ekskur yang mereka inginkan. Jenis ekskur yang sudah dipilih pada awal tahun ajaran mengikat selama satu tahun. Setiap jenis ekskur memiliki nilai KKM, yaitu C untuk dapat naik kelas sehingga kegiatan ekskur harus dijalankan dengan baik selama satu tahun. Selain itu, beberapa jenis ekskur yang dipromosikan mempersembahkan hasil karyanya masing-masing. Misalnya, video virtual choir dari ekskur Paduan Suara. Kegiatan Open House secara virtual dan secara fisik memiliki beberapa perbedaan. Dalam kegiatan Open House secara fisik akan ada banyak stand di pinggir lapangan voli hingga ke aula untuk berjualan makanan dan merchandise, sedangkan dalam kegiatan Open House secara virtual tidak ada makanan atau merchandise yang dijual. Dalam kegiatan Open House secara virual ini juga, murid-murid kelas 7 diperkenalkan denah dan berbagai macam fasilitas yang ada di sekolah.

 Kegiatan Open House ini dilaksanakan dengan cara membuat ruangan menggunakan google meet untuk setiap jenis ekskur dan dibuatkan daftar link-nya. Link tersebut dibagikan ke grup WhatsApp setiap kelas. Pada pukul 09.00 s.d. 09.30 WIB, siswi kelas 7 diajak “keliling” sekolah bersama guru. Para siswi dapat melihat-lihat sekolah melalui ruangan menggunakan google meet kelas masing-masing. Setelah itu, pada pukul 09.30 s.d. 10.30 WIB, para siswi bebas memasuki link google meet ekskur untuk mendapatkan informasi tentang jenis ekskur tersebut. Selama 1 jam itu, para pengurus berserta guru ekskur bebas mempromosikan ekskurnya berkali-kali hingga waktu menunjukkan pukul 10.30 WIB.

 Ellen, salah satu siswi kelas 8 ekskur Paduan Suara berkata bahwa ia langsung mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam virtual choir setelah diumumkan bahwa ada video promosi ekskur yang akan ditampilkan dalam acara Open House. “Dalam pembuatan video promosi ekskur, kami merekam video dan audio secara terpisah, lalu mengunggah di google drive pribadi dan dibagikan link-nya ke guru ekskur melalui WhatsApp. Setelah itu, saat Open House berlangsung, saya ikut bergabung ke google meet Padus agar dapat melihat antusias dari adik-adik kelas,” ujarnya. Menurut salah satu siswi kelas 7, kegiatan Open House ini sangat menarik karena setiap ekskur membuatnya tertarik untuk menjadi bagian dari ekskur tersebut dan belajar banyak hal.

 

Oleh : Ellen (VIII-4 /12)