Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710 (021) 384-0915 yaysatyabhakti@santaursulajakarta.sch.id

Tips Mengatasi Stres Saat Menjalain Masa PTS

Sumber : freepik.com

Haloo Sanuriaan!!

Bagaimana kabarnya setelah menjalani beberapa hari PTS? Apakah masih semangat? Atau sudah mulai mengalami tanda-tanda letih, lelah, lesu dan lunglai hingga tanda-tanda stres muncul? Jangan sampai ya! Karena kalau kamu stres, akan mempengaruhi penilaian akademik dan kesehatan kamu.

Tapi kalau semangatnya mulai kendur, gimana kak? Tenang! Berikut akan dibagikan tips untuk mengatasi jikalau tanda-tanda stres kamu mulai muncul.

Tahu dengan istilah strategi coping? Strategi ini digunakan untuk mengatasi kemunculan stres dan mencegah timbulnya stres. Pastinya ini akan berguna untuk kamu semua. Yuk, disimak tips-tipsnya!!

Menurut Sarafino (2002), coping adalah usaha untuk menetralisasi atau mengurangi stres yang terjadi.  Menurut Lazarus dan Folkman (1984), coping merupakan tindakan yang diambil oleh individu untuk mengatasi keadan stres, yang dipengaruhi oleh diri sendiri dan lingkungannya.

Diambil dari jurnal yang ditulis oleh Paduraru (2018) yang berjudul Coping Strategies For Exam Stress, membagi strategi coping mengatasi stres ujian ke dalam empat kategori, diantaranya:

1. Strategi Umum

Strategi umum digunakan selama semester berlangsung. Ini juga bertujuan unuk meminimalisir keadaan stres yang akan terjadi. Hal-hal yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah melakukan gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup, nutrisi yang baik, olahraga dan pikiran yang positif.

Selain gaya hidup tentunya kamu harus belajar, mengatur waktu dengan baik , merencanakan jadwal belajar dan waktu luang yang kamu punya. Kemudian kamu juga harus mempuyai informasi yang akurat seperti informasi yang diberikan guru selama pelajaran berlangsung.

2. Metode Sebelum Ujian

Metode ini yang akan kamu gunakan selama masa ujian kamu yang sedang berlangsung sekarang. Metode ini menyarankan kamu untuk mengembangkan jadwal belajar dan waktu bermain, memiliki waktu untuk merevisi, istirahat, memiliki kebiasaan makan dan tidur yang baik, berolahraga, dan konsumsi kopi dan minuman berenergi (namun sebaiknya tidak kamu lakukan di malam hari ya.

3. Metode Selama Ujian

Metode ini akan membantu kamu saat kamu sedang mengerjakan ujian, diantaranya tetap tenang saat mengerjakan ujian, jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan ujian, baca instruksi dengan hati-hati, kalau masih ragu kamu bisa baca instruksi dua kali, prioritaskan apa yang perlu dilakukan, seperti soal yang kamu pahami dahulu agar tidak mengahbiskan waktu ujian.

4. Metode Setelah Ujian

Metode ini bisa kamu gunakan setelah ujian berakhir, diantaranya hindari untuk kritik diri dan membandingkan diri dengan orang lain, tentu saja istirahatkan diri kamu dan kalau perlu kamu harus menghadiahi diri sendiri untuk kerja keras yang selama ini sudah kamu lakukan.

Itulah beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk menghindari stres yang bisa menjadi penghalang buat kamu yang sedang dalam masa ujian. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

 

SERVIAM!!!