Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710 (021) 384-0915 yaysatyabhakti@santaursulajakarta.sch.id

Hari Jadi ke-59 Pramuka Santa Ursula Jakarta

 

URSULA – 27 Januari tidak hanya sekedar peringatan wafatnya Santa Angela, Pramuka  Santa Ursula Jakarta juga memperingati hari jadinya yang ke-59.

Pramuka Santa Ursula berdiri pada tahun 1961, anggotanya terdiri dari siswi-siswi Santa Ursula karena waktu itu murid-murid Santa Ursula dikhususkan untuk perempuan. Tujuh belas tahun kemudian, pramuka Santa Ursula juga terbuka untuk para siswa laki-laki.

Nomor gugus depan Pramuka Putra 05-469 dan nomor gugus depan Pramuka Putri 05-470.

Mulanya pramuka Santa Ursula hanya terdiri dari Pramuka Siaga sampai Penggalang (SD – SMP). Namun, karena kurikulum 2013 mewajibkan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib, maka sejak tahun 2014 dibuka Pramuka Penegak Santa Ursula di SMA.

“Ketentuan ekstrakurikuler merupakan salah satu faktor Pramuka Sanur bisa bertahan sampai sekarang.” Ucap Bu Venti pembina Pramuka SMA

Tidak hanya itu saja, kegiatan yang mendekatkan diri ke alam seperti kemah juga menjadi daya tarik pramuka bagi para siswa dan siswi  Santa Ursula.

“Anak-anak masih mau dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan Pramuka, terutama waktu ada kegiatan camping.” Ucap bu Anne, pembina Pramuka SD.

Namun sangat disayangkan, dengan situasi pandemi saat ini banyak kegiatan yang terhalang, salah satunya peringatan hari jadi pramuka ke-59.

“Tidak ada acara khusus tahun ini, meskipun biasanya kita mengadakan upacara dan makan bersama” ucap bu Anne

Namun semangat Pramuka Santa Ursula tidak surut, Ibu Venti selaku pembina SMA mengatakan bahwa Dewan kerja Pramuka Penegak SMA yang baru, mempersiapkan acara Ulang Tahun Pramuka Indonesia ke-60 untuk Agustus 2021 serta Ulang Tahun Pramuka Santa Ursula ke-60 untuk Januari 2022.

“Kegiatan pramuka di Santa Ursula benar-benar dijalankan oleh para siswa, tidak hanya memakai seragam pramuka di hari tertentu,” Ucap Bu Venti.

Ia menambahkan bahwa selama pandemi kegiatan Pramuka tetap berlangsung dan diadakan secara online. Pramuka siaga dan penggalang SD diadakan setiap hari Jumat, penggalang SMP setiap hari selasa dan Penegak diadakan setiap hari Rabu.

Ia juga menambahkan bahwa pramuka juga merupakan sarana pendidikan berkarakter. Sesuai dengan spiritualitas Santa Angela yang nilai-nilainya dijunjung Sekolah Ursulin beririsan dengan Dasa Darma Pramuka, yaitu bertakwa kepada Tuhan, menghormati orangtua, cinta sesama dan lingungan, berani dan tidak putus asa serta cinta Tanah Air.

“Saya sudah mengikuti kegiatan pramuka sejak dahulu dan meskipun sudah pensiun tetapi saya tetap menjadi bagian dari Pramuka,” ucap bu Anne.

Pernyataan ini dibenarkan oleh Ibu Venti yang menyatakan bahwa menjadi anggota pramuka berlaku selamanya. Ia juga menambahkan kegiatan yang menyenangkan dan menantang membuat anak-anak senang dan bergembira, terutama saat diadakan camping.

Beliau berpesan semoga Pramuka Santa Ursula tetap menjadi berkat buat sekolah Santa Ursula dan Bangsa Indonesia.

“Salam Pramuka!”